6 Bahan yang Mampu Mengurangi Stretch Mark Pasca Melahirkan

6 Bahan yang Mampu Mengurangi Stretch Mark Pasca Melahirkan

August 16, 2017

Proses kehamilan dan melahirkan menjadi momen yang membahagiakan bagi sang Bunda. Namun, setelah melewati semuanya, ada beberapa hal yang menjadi masalah, terutama berkaitan dengan penampilan. Tak terkecuali dengan stretch mark yang muncul di sekitar perut dikarenakan kulit perut mengalami peregangan saat hamil. Ada banyak perawatan bersifat kimia dan pembedahan yang tersedia untuk mengatasi stretch mark. Namun selain memiliki banyak risiko, metode ini juga memakan biaya yang mahal.

Oleh karena itu, Bunda dianjurkan untuk memilih pengobatan alami yang lebih aman dan ekonomis, seperti yang telah Medina rangkum dilansir dari Mom Junction berikut…

Minyak zaitun

Selain melembabkan dan dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit, minyak zaitun juga ampuh memperbaiki sirkulasi darah dan menghilangkan stretch mark lho. Caranya, oleskan minyak zaitun di area stretch mark lalu pijat dengan lembut selama sekitar 30 menit sebelum mandi agar vitamin A, D, dan E nya dapat terserap oleh kulit. Lakukan terapi ini setiap 2 hari sekali ya Bunda.

Lidah buaya

Kandungan dalam lidah buaya mampu melembabkan dan menenangkan kulit sehingga mendukung penyembuhan kulit dari stretch mark. Caranya, gunakan gel lidah buaya untuk menggosok area kulit yang terdapat stretch mark, biarkan selama 15 menit, lalu cuci menggunakan air hangat. Bunda dapat melakukan rutinitas ini selama 2 kali sehari.

Madu

Sifat antiseptik yang terkandung dalam madu bekerja untuk mengurangi stretch mark. Oleskan madu di area kulit yang terkena stretch mark, pijat lembut lalu biarkan hingga kering dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin 2 kali sehari agar hasilnya maksimal ya, Bun!

Putih telur

Putih telur kaya akan protein yang membantu meremajakan kulit dan membuatnya lebih segar dan kencang. Kocok putih telur dengan menggunakan garpu, lalu oleskan ke area perut yang bermasalah sambil digosok perlahan menggunakan sikat yang halus. Biarkan kering lalu bilas dengan air dingin. Oleskan minyak zaitun untuk menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembab setelahnya. Ulangi cara ini setiap hari agar tekstur dan warna kulit kembali seperti semula.


Soda kue + air jeruk nipis

Soda kue adalah lulur kulit alami yang ampuh menghilangkan lapisan sel kulit mati. Sedangkan air jeruk nipis memiliki khasiat memutihkan dan memudarkan bekas luka. Campurkan kedua bahan ini pada area stretch mark, biarkan kering selama 10-15 menit dan gosok lembut sebelum dibilas dengan air. Ulangi cara ini 3-4 kali seminggu.

Petroleum jelly

Potreleum jelly atau yang lebih dikenal dengan pelembab dari campuran antara mineral oil, paraffin, dan hidrokarbon yang dikemas menjadi satu dalam bentuk gel berwarna putih bening. Bahan tersebut punya khasiat mengatasi kulit kering dan menyembuhkan stretch mark. Bunda bisa mendapatkan bahan ini di pasaran. Oleskan petroleum jelly lalu pijat selama 5-10 menit setiap sebelum tidur.

Karena menggunakan bahan-bahan alami, maka Bunda perlu telaten dalam melakukan terapi ini mengingat hasil yang didapatkan tidak bisa instan. Tetap semangat ya bun untuk mengaplikasikannya secara rutin. Selamat mencoba, Bunda!

 

Loading

Search

Menu

Close