Usia Terbaik Meninggalkan Anak Tidur Sendirian

Usia Terbaik Meninggalkan Anak Tidur Sendirian

August 17, 2017

Adalah hal wajar jika anak semasa kecilnya masih tidur seranjang dengan orangtua. Bahkan hal ini sudah menjadi keharusan bagi orangtua untuk tidak meninggalkan anaknya tidur sendiri, berbeda ruangan dengan tempat tidur orangtuanya. Namun, ketika anak sudah ada pada usia tertentu, Bunda perlu menanamkan kebiasaan bagi si kecil untuk bisa tidur sendiri.

Salah satu pakar kesehatan mental anak di Inggris telah menyarankan orangtua untuk membiarkan anak-anaknya tidur di samping mereka hingga usia 5 tahun. Margot Sunderland, Direktur Pendidikan di Pusat Kesehatan Mental Anak di London mengatakan bahwa praktik tersebut, yang dikenal dengan co-sleeping, memungkinkan anak untuk tumbuh dewasa dengan lebih tenang dan sehat, seperti dilansir dari laman Dr. Momma.

Sunderland, yang juga seorang ilmuwan dan penulis buku menguraikan nasihatnya dalam The Science of Parenting. Dia sangat yakin dengan temuan yang berdasarkan pada 800 studi ilmiahnya, lantas meminta agar lembaga kesehatan mengeluarkan aturan untuk orangtua agar tidur bersama anaknya hingga usia setidaknya 5 tahun, dan membiarkannnya tidur sendiri setelah usia tersebut.

Dia berpendapat bahwa praktik yang sudah umum dilakukan di Inggris untuk melatih anak tidur sendiri di bawah usia 5 tahun sifatnya berbahaya, karena meningkatkan aliran hormon kortisol alias hormon stres pada anak. Sebuah studi neurologis menunjukkan bahwa seorang anak yang terpisah dari orangtua ketika tidur mengalami aktivitas otak yang serupa dengan yang ada dalam rasa sakit fisik.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr Nills Bergman dari University of Cape Town, Afrika Selatan, seperti dilansir dari Daily Mail, bahwa tidur terpisah dari anak membuat bonding antara ibu dan anak melemah serta merusak perkembangan otak yang menyebabkan perilaku buruk saat anak tumbuh besar nanti. Ia mengatakan bahwa untuk perkembangan optimal, bayi baru lahir harus tidur di dekat dada ibu mereka selama beberapa minggu pertama. Setelah itu, mereka dianjurkan untuk tidur bersama dengan orangtuanya hingga berumur 3 atau bahkan 4 tahun.

Kesimpulannya bahwa Menurut dua studi di atas, umur yang tepat bagi anak untuk bisa tidur terpisah dengan orang tua berkisar antara umur 3-5 tahun. Meskipun Bunda bisa saja melatih kemandirian si kecil sejak dini, namun Bunda juga perlu mempertimbangkan risiko kesehatan mentalnya juga. Jika memang anak sudah terlihat kesadaran dan keberaniannya, bisa menenangkan diri, serta memiliki rasa bangga jika bisa menjaga dirinya sendiri, Bunda boleh meninggalkannya untuk tidur di kamar tidurnya. Sebagai proses pembelajaran, Bunda bisa menemaninya di awal dia tidur, baru meninggalkannya hingga ia bangun keesokan paginya. Intinya, jangan paksa anak karena ia akan merasa tertekan dan hal ini tentu tidak baik untuk otak dan mentalnya.

 

Loading

Search

Menu

Close